Kamis, 03 Juni 2010

medan-bika ambon


pertama dari medan dulu... hmmm saya mulai mencari berbagai macam makanan cemilan dari medan.. yang pertama bika ambon.. makanan manis gurih dan sedikit kenyal bagian dalam nya emang jadi primadona oleh oleh dari medan.. bentuknya yang menyerupai sarang semut yang berlubang lubang dan wangi yang khas dari kue ini

BIKA AMBON
Bahan A:
100 gr Tepung terigu protein sedang
200 ml Air kelapa segar
11 gr Ragi instant
Bahan B:
16 btr Kuning telur
400 gr gula pasir
300 gr Tepung sagu tani
600 ml Santan kental matang
1 sdt Garam
1 sdt Vanilli
Cara membuatnya:
1. Aduk bahan A sampai rata, diamkan selama 15 menit.
2. Aduk rata : telur, gula, garam dan vanilli, lalu masukkan bahan A, dan tepung sagu, aduk rata sambil tuangi santan sedikit demisedikit sampai santan habis. Saring.
3. Istirahatkan selama 2 jam.
4. Tuang adonan kedalam cetakan oval yang telah dipoles minyak tipis-tipis. Panggang dalam oven panas yang pintunya setengah dibuka, sampai matang.
NOTE : aku rebus santan dengan pandan, serai dan daun jeruk lalu disaring....
hasil kuenya wangii....

sumber : http://indonesianfoodweekncc.blogspot.com

sejarang bika ambon Konon, makanan ini diperkirakan kehadirannya atas dua versi. Yang pertama adalah dahulu saudagar Ambon yang berdagang ke Malaysia, namun Bika Ambon ini tidak laku dan akhirnya hijrah ke Kota Medan. Ternyata, makanan ringan ini, mendapat antusias dari masyarakat Medan sendiri. Versi berikutnya dikarenakan makanan beraroma pandan ini, memang awal penjualannya di Jl Ambon, Medan. Sehingga masyarakat setempat menjuluki sebagai Kue Bika Ambon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar